KESELARASAN ANTARA RUMAH SAKIT DAN MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN

KESELARASAN ANTARA RUMAH SAKIT DAN MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN
SUHADI

Beberapa rumah sakit dan manajemen pelayanan kesehatan mempunyai perencanaan riwayat hidup dalam pengelolaannya. Kebanyakan dimulai pada karier mereka sebagai ahli kesehatan; ilmu studi lain, psikologi, akuntansi atau ekonomi. Dalam kaitannya dengan suatu keadaan kombinasi (aturan sesorang) mayoritas pengaturan kesehatan meningkatkan perannya. Seperti Torrens (1984) peralihan dari pengaturan klinik adalah suatu perubahan dari suatu benda hidup, secara ilmiah berdasarkan diagnosa dan pengobatan penyakit pada pasien secara individual untuk kehidupan, seringkali manipulasi emosi-berdasarkan kelompok manusia dalam suatu organisasi.
Ketika Dr. Symon naik menjadi pegawai staf medik, biasanya dia membuat asumsi umum karena dia mengganggap apabila dokter baik otomatis pengaturan akan menjadi baik. Tetapi peran manajemen, yang mana melibatkan kemampuan untuk merencanakan dan mengorganisir, memerlukan keterampilan dan kualitas dasar tertentu yang harus dipelajari dan ditingkatkan secara konstan. Ini merupakan perubahan secara konstan dimana perencanaan dan konsep baru meliputi pengembangan, pengujian, memodifikasi dan menerapkan secepatnya.
Pengaturan efektif pertama-tama memerlukan pengenalan kekuatan dan kelemahan dan selanjutnya peningkatan keterampilan dasarnya.

APAKAH PENGATURAN KHUSUS DALAM PELAYANA KESEHATAN?
Pengaturan pelayanan kesehatan mempunyai tingkat karateristik berbeda-beda dari beberapa bentuk pengaturan lainnya. Karateristik ini meliputi pengetahuan mengenai rumah sakit dan pelayanan kesehatan, nilai mereka dan kultur mereka.

Pengetahuan Dasar
Untuk memiliki pengetahuan mengenai pelayanan kesehatan masalah dan persoalan pokok merupakan suatu keuntungan yang nyata. Beberapa pengetahuan yang relevan adalah pengetahuan teknik yang membantu ke arah pemahaman dan perencanaan. Sebagai tambahan, pengetahuan mengenai epidemiologi dan konsepnya sangat berguna untuk perkembangan prioritas dan perencanaannya.
Penyediaan fasilitas perencanaan adalah contoh yang jelas untuk suatu kelompok nilai. Beberapa dokter dan manajer rumah sakit sudah berpengalaman dalam perencanaan dan konstuksi suatu rumah sakit; dengan cara yang sama, beberapa arsitek mempunyai pengetahuan mengenai kebutuhan dan perkembangan dalam pengobatan modern.

Nilai
Rumah sakit dan pelayanan kesehatan melakukan suatu sistem nilai modern berdasarkan percampuran agama, ras, pemerintahan, teman dan lawan. Pusat nilai adalah humanistik, yaitu, bahwa kemungkinan pelayanan terbaik akan ditawarkan kepada semua yang membutuhkan. Pada dasarnya nilai ini berbeda dari dunia bisnis dan pemasaran, dimana nilai-nilai penting adalah persaingan dan pertahanan hidup. Dunia bisnis melakukan persaingan sistem nilai dan etika, tetapi nilai pada pusat pelayanan kesehatan berdasarkan pada perbedaan model dan manajemennya. Dalam suatu pengertian praktis, nilai pelayanan kesehatan berdasarkan ke arah kepercayaan bahwa “pasien datang dulu”. Dokter dan perawat mengkondisikan tujuan ini dan dengan demikian pemberian perawatan untuk individu dengan mengabaikan biaya, energi atau watu.
Nilai-nilai lain yang berhubungan secara alami adalah tenaga kerja pelayanan kesehatan tenaga kerja. Profesi medis menjadi kunci pengelompokannya. Lulusan medis digunakan untuk bersaing pada tingkat yang lebih tinggi. Disini tujuan hidup mereka tercapai. Sebagai tambahan, dan sangat penting, mereka telah dilatih dan sudah menjadi terbiasa untuk membuat keputusan penting tiap jam pada kehidupan mereka. Sebenarnya, kunci yang mempengaruhi keputusan rumah sakit, kesehatan dan klinik, seringkali dibuat oleh individu klinik dan bukan oleh manajemen.
Staf pelayanan kesehatan juga merupakan bagian yang mempunyai keahlian. Ahli disini meliputi pengobatan dan perawatan, mempunyai tradisi yang sudah berlangsung lama, dan status yang tinggi, kesetiaan individu paling sering dikelompokkan ke dalam kelompok profesional dan hanya sebagai tambahan pada rumah sakit atau pelayanan kesehatan. Disini, secara radikal perbedaan nilai dari ssebagian besar organisasi lainnya, termasuk pelayanan publik.
Kultur
Organisasi sering mengembangkan karasteristik yang dapat disebut sebagai “kultur”. Menurut sejarah, hal ini sering diamati dalam organisasi militer. Sedangkan suatu kultur pada kebanyakan rumah sakit umum, rumah sakit pribadi mungkin mereka mempunyai kultur tertentu sendiri.
Biasanya kultur untuk semua rumah sakit sulit untuk digambarkan, kecuali untuk para pekerja rumah sakit menyadari hal itu. Beberapa rumah sakit dan pelayanan kesehatan mengembangkan kultur mereka sendiri. Sebagai rumah sakit dapat menjadi pusat inovasi. Universitas College di London telah mengembangkan contoh perawatan intensif pada bayi yang baru lahir.
Kultur dapat berubah. Sebagai contoh, Launceston General Hospital dikenal secara keseluruhan di Australia sebagai rumah sakit terkemuka pertama separuh abad ini.Kemudian reputasinya mengalami kemunduran, tetapi secara berangsur-angsur bangkit kembali. Turun naik ini cenderung berakibat dari kombinasi faktor yang kompleks meliputi kepemimpinan, konflik antar organisasi, dan perubahan kebijakan pemerintah.
Secara ringkas, rumah sakit dan pelayanan kesehatan adalah organisasi yang berbeda dari yang lainnya. Suatu pemahaman dan empati (pengenalan jiwa) dengan nilai-nilai, kultur dan tradisi rumah sakit dan pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar untuk suksesnya manajemen mereka.

PENGATURAN KLINIK
Kebanyakan manajemen rumah sakit dan pelayanan kesehatan dilakukan oleh pria dan wanita dengan latar belakang: sebagai contoh, dokter, perawat, psikoterapi, ahli patologi dan pekerja sosial. Seperti pekerja klinik telah telah dididik dan disosoalisasi dalam memberi prioritas ke individu pasien yang berkaitan dengan perawatan, sumber daya dan pendukung emosional.
Pekerja klinik memiliki beberapa kekhawatiran: pertama, mengenai pengaturan uang (termasuk mereka sendiri); kedua, mengenai pengaturan orang-orangnya ( mereka khawatir akan kekurang teman dan para rekan kerja), dan ketiga, masuknya suatu kekuasaan yang memilki kekuatan status dan wilayah yang luas. Akhirnya, kekhawatiran mereka adalah mereka tidak mempunyai bahasa dan pengetahuan dalam memainkan manajemen. Tidak ada satupun yang bisa menggantikan pengalaman, pengalaman ini sangat membantu untuk menguji persamaan antara manajemen pasien dan manajemen pada organisasi perawatan kesehatan.
Dalam tabel 1.1 ditunjukkan persamaan dan perbedaan pendekatan manajemen yang berkenaan dengan perkiraan tuberkulosis (TB) dan organisasi dan manajemen pelayanan tuberkulosis.

Tabel 1.1 Persamaan dan perbedaan – pengaturan pasien dengan tuberkulosis dan pengaturan pelayanan tuberkulosis
Pasien Pelayanan Tuberkulosis
1. Identifikasi masalah
2. Analisis keadaan

3. Informasi

4. Pengembangan sasaran pada hasil dan rencana
5. Rencana pelaksanaan

6. Evaluasi
7. Periode waktu
8. Kesulitan Batuk, berat badan berkurang
Tidak bekerja, pekerja sementara
Sinar- X, penerapan hasil diagnosa pathologi

Antibitok, istirahat, pengobatan

Mengunjungi perawat

Sinar- X, pengujian klinik
12 bulan
Kemauan pasien/kerelaan pasien Beberapa orang dengan TB
Kondisi kehidupan yang padat dalam komunitas
Sinar – X, penyebaran hasil patologi TB dari seseorang- ke orang yang lain.
Pemberian vaksinasi Pemerintahan ekonomi Masyarakat bebas TB
Aksi intersektoral antara pemerintah dan lembaga swasta
Nilai perlawaan objek
Lima tahun
Kekurangan investasi
Prioritas politik
Prioritas setiap departemen

Bagaimanapun, masalah manajemen dalam organisasi sangatlah sulit. Manjer biasanya tidak mempunyai kontrol pada lingkungan luar, seperti contoh di atas. Hal ini perlu jika terjadi perubahan dan pemecahan masalah gizi. Kerjasama bidang organisasi dan orang-orangnya sangat diperlukan. Ini dapat meliputi pengaruh masyarakat, departemen dan industri. Tempat dan kekuasaan juga harus dipertimbangkan sebagai suatu hal yang bisa mempengaruhi dalam kerjasama bidang organisasi tersebut.

APAKAH MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN BENAR-BENAR DILAKUKAN?
Terdapat peningkatan pada beberapa ahli kesehatan – medis dan lulusan ilmu keperawatan, pekerja sosial, psikoterapi, dokter gigi – yang disertai bidang manajemen seperti direktur dan manajer rumah sakit, pelayanan kesehatan, bangsal, klinik dan departemen.
Geoffery Prideaux adalah direktur yang sukses dalam pendidikan dasar management pelayanan rumah sakit di Melbourne, Australia. Dia mempersatukan penemuan kunci dari kerja Mintzberg dan menambahkan suatu studi utama oleh Boyatzis dan dengan dengan studi lainnya yang sesuai dan dibutuhkan oleh manager dalam penentuan kesehatan. Ada beberapa hal yang harus dikembangkan dalam keterampilan dasar pada suatu pelayanan kesehatan, yaitu:
- keterampilan kepemimpinan
- keterampilan dalam berinteraksi dengan rekan yang sama
- keterampilan dalam proses informasi
- keterampilan dalam memecahkan masalah
- keterampilan dalam pengambilan keputusan
- keterampilan dalam penentuan sasaran dan keterampilan dalam mengarahkan bawahan dan dalam penggunaan otoritas dan kekuasaan
- keterampilan dalam pengaturan sumber daya manusia
Sebagai tambahan dalam keterampilan dasar ini, untuk menjadi sukses pengaturan pelayanan kesehatan membutuhkan strategi yang modern dan keterampilan dalam perencanaan pelayanan. Istilah strategi dan pelayanan membutuhkan lebih banyak penjelasan. Perencanaan strategi mengacu pada persiapan untuk jangka waktu yang lama. Keterampilan perencanaan pelayanan mengacu pada pengembangan konsep, kerangka organisasi, sumber daya, susunan kepegawaian, dan kebutuhan untuk pelayanan kesehatan tertentu, seperti palayanan untuk manula.

BAB 2

MASALAH UTAMA RUMAH SAKIT DAN PELAYANAN KESEHATAN DAN TANTANGANNYA

Kesehatan merupakan lingkungan yang kompleks dalam tahun 1990. Di dalam terminologi global, ada suatu perubahan yang diperlihatkan terhadap perawatan individu untuk pelayanan ke arah pencegahan penyakit dalam populasi dan daya tahan masyarakat yang berhubungan dengan kesehatannya. Ini merupakan suatu perubahan yang memerlukan contoh atau model penting sebelum perubahan secara profesional.
Kami berpartisipasi dalam seminar yang diselenggarakan oleh World Health Organization (WHO) yang mengidentifikasikan faktor utama “penggerak” dalam perubahan pelayanan kesehatan. “Penggerak kesehatan” ini sama untuk semua negara – negara, dengan mengabaikan kultur. Yaitu:
- Batasan biaya
- Umur populasi
- Dampak kemajuan teknologi
- Keinginan untuk meningkatkan hasil kesehatan dan meningkatkan pengetahuan dan harapan konsumen
- Perubahan dalam kesehatan – dari akut ke kondisi kronik
Sebagai tambahan, terdapat sistem keasehatan yang berubah menjadi bagian dari agenda politik dan sosioekonomi yang lebih luas; sebagai contoh, perubahan seperti “pemasaran internal” dalam United Kingdom dan New Zealand sebagian besar diggerakkan oleh agenda politisi yang luas.
Pengujian yang terperinci terhadap penggerak kesehatan ini penting untuk para manajer pelayanan kesehatan, agar mereka dapat memahami lingkungan sosial dan ekonomi mereka yang pada gilirannya harus membuat keputusan dan penyesuaian lokal.

BATASAN BIAYA DAN HAL-HAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEUANGAN
Pada tahun 1960 untuk pertama kalinya biaya perawatan pasien sehari pada rumah sakit melewati 100$. Apakah biaya ini selamanya akan dijumpai, pertanyaan ini biasanya dikemukakan dalam konfrensi para ahli.
Mengapa rumah sakit dan pelayanan kesehatan sangat mahal?
Ada tiga faktor dasar yang dapat dipertimbangkan dalam memperkirakan mengapa pelayanan kesehatan sangat mahal:
1. Pelayanan kesehatan bekerja secara intensif, dan secara ekonomis, di negara maju tenaga kerja sangat mahal. Biaya tenaga kerja mendominasi anggaran rumah sakit dan pelayanan kesehatan dan rekening mencapai 75 sampai 80 persen dari total pembelanjaan.
2. Ketersediaan dan biaya teknologi perawatan kesehatan mengalami perkembangan. Hampir setiap pasien mengakui bahwa rumah sakit modern adalah sasaran utama dari beberapa teknologi. Seperti sinar – X, test darah, pengobatan intravenus, anestesi dan intervensi pembedahan. Setiap test masing-masing terpisah dan ini memerlukan biaya yang sangat mahal. Ketika semua biaya test tertentu ditambah dengan biaya perawatan ditawarkan pada pasien pembayarannya duapuluh kali ongkos pembayaran dari dokter yang hadir. Sebagai tambahan, menurut hasil investigasi, biaya untuk spesialis sangat tinggi; dapat melebihi 500$ setiap meneliti.
3. Meningkatnya harapan pada setiap warga negara untuk meningkatkan status kesehatan, jika perlu, pada negara bagian.

UMUR POPLUASI
Diperkirakan pada tahun 2020, kira-kira 20 persen penduduk Australia akan berusia 65 tahun atau lebih. Bagaimanapun, pengertian orang tua disini adalah orang-orang yang berusia diatas 80 tahun. Pemakaian rumah sakit dan pelayanan kesehatan meningkat cepat sesuai dengan umur; pada umur 65 tahun dan di atasnya pemakaian rumah sakit lima kali biaya pelayanan kesehatan yang digunakan oleh orang dewasa yang lebih muda.
Setiap orang tua mempunyai penyakit yang dapat meningkat kronik dan dapat mengalami beberapa penyakit yang menakutkan seperti pikun, osteoarthritis, dan pengelihatan berkurang, kemampuan untuk mendengar berkurang.
Paling sedikit suatu umur populasi akan bergantung pada:
• Peningkatan permintaan terhadap pelayanan kesehatan
• Perubahan tingkat fasilitas kesehatan
• Perubahan tradisi etikal – khususnya, hak untuk lebih tinggi – kualitas hidup dan tidak perlu hidup lama.

DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI
Rumah sakit modern telah menghasilkan suatu perubahan langsung dalam teknologi sepanjang abad terakhir; sebagai contoh, penemuan anaestesi dan perkembangan pembedahan internal dan antiseptik. Teknologi mempengaruhi semua aspek pelayanan kesehatan; sebagai contoh:
• pemeriksaan diagnosa seperti sinar – X, test biokemikal, penggunaaan radioisotop aktif dan gambaran resonansi magnetik.
• Prosedur perawatan/perlakuan seperti teknologi laser dan keyhole dan pembukaan pembedahan
• Prosedur tranplantasi
• Rehabilitasi dan penggunaan otot tiruan
• Penggantian lensa katarak
Pengaruh teknologi harus dapat dikenali, dipahami dan diatur oleh manajer pelayanan kesehatan.

KEINGINAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL
Harapan konsumen dalam peningkatan hasil pelayanan kesehatan secara terus menerus mungkin merupakan konsekuensi dari peningkatan standar dan perluasan pendidikan. Suatu contoh yang baik adalah harapan bahwa kelahiran secara relatif tanpa adanya rasa sakit. Dengan hasil sempurna untuk ibu dan bayinya. Jika hasil sempurna seperti itu tidak tercapai, kemungkinan ada proses perlawanan pada semua yang terkait.
Hong Kong mengembangkan contoh yang baik pada perubahan kesehatan yang digerakkan tanpa proses ekonomi, tapi melalui peningkatan kualitas dan kenyamanan rumah sakit sesuai yang diharapkan oleh warga negara. Ini disertai dengan harapan serupa dalam perubahan, kesejahteraan dan pendidikan.
Peningkatan dalam pemahaman konsumen dan harapannya digambarkan pada permintaan pasien agar mempunyai informasi yang terperinci tentang masalah kesehatan mereka, untuk mengambil keputusan dalam memilih metode perawatan dari dokter ke pasien, dihadiri dokter dan ahli kesehatan lainnya.
Sebagai tambahan, masyarakat seutuhnya mempunyai suatu harapan mengenai informasi dan berkonsultasi tentang pelayanan kesehatan mereka.vMereka bergantung pada informasi mengenai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung koroner, obat atau racun berbahaya, diabetes, kecelakaan kendaraan bermotor – tidak hanya individu, tetapi juga komunitas, pengetahuan pemerintahan dan pelayanan kesehatan.

PERUBAHAN DALAM KESEHATAN – DARI AKUT SAMPAI KONDISI KRONIK
Masalah finansial (keuangan) menjadi masalah yang dominan selama tahun 1980 pada banyak negara mengalihkan perhatian dari status kesehatan pada populasi. Rata-rata warga negara dalam menjalankan manajemen rumah sakit dengan menyediakan biaya sebesar 90 persen dan 10 persen disediakan untuk industri lainnya.
Penggunaan media untuk populasi dalam pelayanan kesehatan ditunjukkan secara efektif oleh Maccoby dan Farquhar, yang bekerja pada Stanford University California. Pengalaman ini digunakan pada United States, Australia dan New Zealand untuk suatu aktivitas pencegahan dengan jangkauan yang luas.
Kesehatan masyarakat merupakan suatu prioritas utama dalam tahun 1990. Terleapas dari penyakit kardiovaskuler dan hal yang menyangkut penyakit kanker, AIDS telah menjadi prioritas yang sangat penting. Suatu pendekatan riset, nampak bahwa situasi dalam negara-negara OECD berangsur-angsur dapat terkontrol.Sayangnya, kasus ini bukan di Afrika, Thailand dan India, dimana infeksi HIV yang diikuti oleh AIDS telah mencapai bagian epidemik dan mengancam populasi secara keseluruhan.
Masalah kesehatan masyarakat mempunyai keterkaitan tertentu dengan dokter spesialis kesehatan masyarakat dan ilmuan. Manajer pelayanan kesehatan mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam bidang ini. Alasannya sederhana.
• Rumah sakit dan manajer pelayanan kesehatan mempunyai kontrol yang lebih pada alokasi keuangan dan sumber daya pegawainya.
• Manajer mempunyai pengaruh utama pada sasaran hasil atau organisasi pelayanan kesehatan.
• Manajer dapat berkonsultasi dan menimbang persaingan antara kelompok klinik
Sebagai contoh, kontrol finansial telah berkembang dalam beberapa bagian:di Australia spesialis kesehatan melayani program dalam bidang seperti diabetes, kontrol geriatrik dan penyakit jantung yang mengandung unsur pencegahan utama.
Para manejer rumah sakit tradisional pun telah belajar untuk menggunakan pendekatan kesehatan masyarakat. Hal tersebut meliputi pengujian para pekerja, kecendrungan ganti rugi dan kemudian mengambil tindakan untuk mengurangi kerugian dalam mengorganisir rumah sakit; pengembangan program pendidikan dan petunjuk untuk mengurangi kecelakaan; pengembangan metode limbah buangan secara efektif, terutama sekali penyebaran bahan buangan atau barang sisa dan penurunan infeksi luka pada saat postoperasi melalui pengembangan standar latihan pemenuhan dan pemeriksaan hasil.

BAB 3
PEMAHAMAN ORGANISASI PELAYANAN KESEHATAN

Rumah sakit dan pelayanan kesehatan modern telah menjadi bagian dari perkembangan sejarah masyarakat agraris dan industri selama dua abad lalu. Pada keadaan tertentu rumah sakit sangat bergantung pada teknologi. Selama abad ke 19, rumah sakit individu dibentuk menurut penilaian kebutuhan suatu kelompok warga negara, dengan keterlibatan pelaksana medik.
Sebagai rumah sakit yang berkembang dalam ukuran kompleksitas selama abad ke 19, mereka menjadi lebih mahal, dan pengaturan dalam hal keuangan dengan cara pembayaran dibebankan kepada pasien dan dengan tunjangan pemerintah. Dengan adanya tunjangan pemerintah, secara cepat meningkatkan proporsi anggaran dan secara berangsur-angsur peraturan telah dapat ditetapkan untuk memastikan pembelanjaan dana. Pada pertengahan abad 20 sebagian besar dana mereka bersumber dari pemerintah.
Biaya pelayanan kesehatan juga mengalami proses perubahan. Seperti biaya pelayanan kesehatan yang tersedia meningkat dengan kemajuan teknologi, dan tenaga kerja kesehatan yang terlatih secara profesional, secara universal, pemerintah memberikan biaya secara meluas. Dalam waktu terakhir ini, perlu dikembangkan berbagai format pengaturan asuransi untuk melindungi warga negara agar mengeluarkan biaya yang sedikit ketika terjadi luka dan penyakit katastropik. Hampir semua negara perlu mengembangkan berbagai format aturan asuransi untuk melindungi warga negaranya, jika tidak, masalah kesehatan dan keuangan tidak dapat diatasi. Secara umum sebagian besar metode pembiayaan pelayanan kesehatan yang efektif merupakan gabungan dari tunjangan pemerintah secara langsung dengan suatu format asuransi kesehatan. Penggabungan ini sekarang menjadi bentuk sistem pelayanan keshatan di negara-negara seperti Canada dan Australia. Sistem ini juga tersebar di benua Eropa, Negara persatuan kerajaan, Jepang dan Korea.

OPERASI PADA RUMAH SAKIT
Beberapa negara, termasuk Australia, memiliki agen non pemerintah dan pengaturan rumah sakit tersendiri. Biasanya, organisasi mempunyai keanggotaan religius yang menentukan bermacam-macam tingkat dasar kebijakan dan nilai dari rumah sakit mereka. Contoh yang terbaik adalah di Australia dengan sistem rumah sakit Katolik, dimana nilai-nilai menghalangi melakukan sterilisasi dan aborsi. Rumah sakit umum di berbagai negara-negara diatur oleh dewan manajemen, yang ditugaskan oleh pemerintah atau dipilih dengan beberapa cara oleh warga negara. Rumah sakit non pemerintah dapat melakukan operasi baik sebagai organisasi publik maupun sebagai organisasi pribadi. Sebagian besar rumah sakit umum yang diatur oleh dewan direktur adalah suatu perusahaan komersil yang jarang mempunyai keinginan lokal dalam manajemen rumah sakit, yang fungsinya selalu diserahkan ke seorang manajer keuangan.
Pada beberapa negara, rumah sakit elit mempunyai pemimpin dengan aktivitas mereka, tetapi aktivitasnya secara total tidak berhubungan secara sosial melainkan mereka harus melayani komunitas yang kurang menarik. Sebagai tambahan, beberapa rumah sakit mempunyai pendekatan yang kurang baik dalam perawatan mereka. Hal ini berarti bahwa mereka membatasi aktivitasnya terhadap perawatan pasien. Banyak sekali rumah sakit yang tidak melihat kebutuhan pasien sebagai perubahan yang berkelanjutan diamana hal ini perlu dalam perawatan pasien dengan kondisi kronik, seperti stroke atau dementia, untuk beberapa tahun.
Karena adanya faktor biaya dan kebutuhan perubahan dalam rumah sakit, sehingga terjadi penurunan dalam sejumlah pemberian dasar terhadap populasi selama sepuluh tahun. Ini merupakan suatu kecederungan yang umum.
Pengurangan kebutuhan ekonomi rumah sakit secara minimum dapat digambarkan dengan beberapa statistik sederhana. Hal ini berhubungan dengan biaya-biaya tenaga kerja di dalam suatu industri yang harus menyediakan pelayanan 24 jam sehari, 365 hari setiap tahun. Dalam 24 jam pelayanan rumah sakit dalam satu bangsal perawatan, membutuhkan kira-kira enam orang; angka-angka ini mencakup tiga kali perubahan dalam sehari, termasuk hari libur dan akhir pekan. Ditambah cuti sakit dan cuti tahunan. Oleh karena itu, jika sepuluh orang dibutuhkan tiap waktu untuk mengorganisir suatu bangsal rumah sakit, maka dalam 24 jam per hari diperlukan staff pemeliharan bangsal di atas lima puluh orang. Hal ini menyebabkan semua rumah sakit cenderung menjadi unit perawatan intensive yang besar, dengan hanya pasien yang benar-benar membutuhkan perawatan berada dalam tempat tidur rumah sakit. Ini berarti bahwa perawatan intensif harus ditingkatkan dan biaya setiap pasien harus naik. Ini tampak bermanfaat dari keseluruhan segi ekonomi seperti banyaknya tempat tidur secara berangsur-angsur dikurangi, dan terus meningkatkan perawatan pasien dalam suatu peraturan baku.

Bagaimana cara mengorganisir dan mengatur rumah sakit?
Setiap rumah sakit berbeda dalam ukuran, peranan, lokasi dan struktur ekonomi, belum ada contoh yang terbaik dalam pengaturan rumah sakit secara sederhana. Meskipun tujuan rumah sakit terlihat nyata, yaitu, untuk memberikan dan merawat orang sakit, penelitian mengungkapkan bahwa peran rumah sakit berbeda secara dramatis. Beberapa rumah sakit umum, seperti Royal Malbourne Hospital di Victoria dan Prince of Wales Hospital di New South Wales, disamping “umum” seringkali menerima pasien dengan pengobatan dan masalah pembedahan. Terdapat pula rumah sakit spesialis dengan jangkauan menyeluruh yang menerima pasien dengan kategori spesifik: sebagai contoh, Royal Eye dan Ear Hospital di Melbourne; Royal Hospital untuk wanita di Sydney (tidak semua wanita, hanya yang mempunyai masalah obstetri dan kandungan); rumah sakit yang hanya untuk anak-anak saja (meskipun umurnya jarang digambarkan) seperti Children Hospital Perth.
Rumah sakit dapat juga diklasifikasikan menurut tingkat finansial/keuangannya:rumah sakit pribadi dan untuk operasi; rumah sakit pribadi tetapi keuangannya tergantung pada pemerintah; betul-betul milik pribadi tanpa bantuan dana dari pemerintah.
Pengertian peran, pada gilirannya, mempunyai suatu dampak pada objek rumah sakit tertentu. Sebagai contoh, rumah sakit umum daerah dalam sektor publik mempunyai peranan yang sama dengan rumah sakit umum yang bersifat pribadi, tetapi sasarannya mungkin sangat berbeda. Para manajer yang berhubungan dengan sektor rumah sakit perlu pengaturan yang baik sebagai bagian dari suatu pelayanan kesehatan. Manajer dalam sektor pribadi perlu memberikan prioritas untuk kelangsungan hidup.

Perlukah perubahan pada tiga pihak organisasi rumah sakit?
Rumah sakit tradisional mempunyai tiga divisi yaitu medik, perawatan dan administrasi, dengan salah satu dari ketiganya menyediakan pemimpin eksekutif. Alasan dasar dalam sistem perawatan ini adalah sebagain besar dalam keadaan bekerja. Dalam keadan teknologi yang mengalami perubahan secara terus-menerus, dimana industri mengalami kesilitan, dan tekanan ekonomi, bekerja dengan sedikit pegawai lebih menguntungkan dalam pemeliharaan menajemen senior dan kestabilan struktur organisasi.
Rumah sakit yang lebih luas, katakanlah, tempat tidur lebih dari 400 sangat sulit untuk diatur. Manajemen senior tidak dapat menyediakan pendukung pada bangsal. Rumah sakit yang luas selalu dibagi menjadi bagian: pembedahan, pengobatan dan kebidanan. Baru-baru ini, St Vincent Hospital di Sydney mempuyai divisi baru yang komplit yang disebut “institut”, yang meliputi “Lung Vaskular Institute”, “Oncology Cell Biologi Institute” dan “Neurosscience Institute”.
Yang jelasnya, pembagian dalam rumah sakit membutuhkan konsep dan aplikasi manajemen. Ini berarti pembagian rumah sakit keputusannya harus sesuai dengan kebijakan, tetapi keuangan, kualitas dan aktivitas dikontrol dari pusat, dimana sasaran pengaturannya tercapainya suatu anggaran yang berimbang seperti pada kualitas pelayanan yang baik.
Pada rumah sakit kecil dengan tempat tidur dibawah 150 buah- pengetahuan terbaik berasal dari sektor pribadi, diamana organisasi seperti Pelayanan Kesehatan di Australia memperlihatkan suatu hal yang menarik yaitu “kecil tapi sungguh indah” dan juga biaya pengaturan menurun, dengan sasaran utama adalah medik atau manajer perawat ditambah resepsionis.
PERKEMBANGAN PELAYANAN KESEHATAN DAERAH
Keberadaan rumah sakit daerah telah memperoleh kepercayaan selama dua puluh tahun terakhir dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan pelayanan rumah sakit dan keberadaan rumah sakit tanpa melihat hubungan masyarakat tertentu. Suatu “Pelayanan kesehatan daerah” menjadi istilah yang diambil dari World Health Organization (WHO) untuk pelayanan yang diberikan pada populasi atau komunitas tertentu.
Pelayanan kesehatan daerah merupakan organisasi yang digambarkan atas suatu populasi. Pengertian hospital dan pelayanan lain mempunyai perencanaan untuk pelayanan yang dibutuhkan oleh komunitas. Dengan otoritas kesehatan tunggal yang bertanggungjawab untuk semua pelayanan kesehatan dalam daerah tertentu, apakah publik atau pribadi, bidang pelayanan kesehatan dapat dikembangkan secara meluas dari kominutas ke rumah sakit atau sebaliknya. Geriatrik, kesehatan mental, maternal, dan kesehatan anak merupakan pelayanan yang tipikal (khas) dimana hubungan kerja telah berkembang dengan sangat baik. Perencanaan dasar populasi dan organisasi rumah sakit mengikuti aktivitas kesehatan publik, promosi kesehatan tertentu dan pencegahan penyakit, untuk ditawarkan pada suatu komunitas dasar yang lebih luas.
Dalam pembentukan suatu area atau daerah pelayanan kesehatan, ukuran optimum untuk desa dan populasi kota sekitar 250.000 sampai 650.000. Populasi yang disediakan untuk area atau pelayanan kesehatan daerah idealnya mempunyai suatu masyarakat yang berminat dalam hal pendidikan, kesejahteraan dan aktivitas komersial. Transpor juga merupakan hal yang penting selama awal tahun 1950. Pada saat sekarang ini, yang efektif untuk dikembangkan adalah psikofarmasikal. Ini adalah kloropromozine, suatu penemuan di Prancis. Kombinasi perubahan pergerakan sosial dan teknologi dasar ilmu farmasi merupakan awal perubahan pelayanan kesehatan mental.
Menurut pandangan organisasional, bidang kesehatan mental harus dibagi menjadi tiga kategori dasar, yaitu:
1. Pasien penderita penyakit mental yang serius
2. Seseorang dengan cacat intelektual yang serius
3. Seseorang dengan alkohol berat/ ketergantungan obat.
Ketiganya merupakan kategori yang terpisah, masing-masing menurut organisasinya.

Pelayanan untuk penyakit mental yang serius
Pembagian pelayanan kesehatan terhadap penyakit mental yang serius menurut kelompok umur: pelayanan untuk anak-anak, untuk remaja dan untuk dewasa. Bentuk masing-masing pelayanan kesehatan bergantung pada keadaan lokal dan tradisi. Bentuk pelayanan berikut dapat diikuti.
Pelayanan anak-anak
Pelayanan untuk anak-anak harus ditawarkan dalam konteks bimbingan keluarga klinik, dimana staff ahli merupakan pendukung umum dalam sekolah dan dalam pengobatan praktis secara umum. Ini penting untuk mendukung pelayanan spesialis dalam unit pasien pada populasi yang besar seluas 4 sampai 5 juta.
Pelayanan Anak Remaja
Sejumlah masalah psikiatrik terjadi pada umur remaja pada suatu daerah atau area pelayanan kesehatan. Kesehatan mental antar remaja harus diobati secara serius, oleh karena itu, sesering mungkin untuk menawarkan intervensi yang dapat menghindari dorongan ke arah bunuh diri yang pada akkhirnya mengarah pada kekacauan pribadi.
Pelayanan orang dewasa
Penyakit psikiatrik terutama dialami oleh orang dewasa. Pelayanan dasar komunitas harus mempunyai staff yang lincah dan dapat mengunjungi pasien di rumah mereka. Ketersediaan ahli psikiatrik dan staff pendukung yang terus-menerus merupakan hal yang sangat penting. Kelompok kesehatan yang modern perlu dikembangkan yang dapat digunakan dalam situasi krisis dan dan merawat pasien dalam komunitas, di luar rumah sakit.
Untuk penyakit mental yang tidak serius, tetapi kasus ini menyebabkan sterss, sebagian besar pelayanannya hampir sama dengan praktek medik umum oleh psikologi dan jika perlu spsialis psikiatrik.

PELAYANAN UNTUK PENDERITA KELUMPUHAN INTELEKTUAL
Kira-kira 8 persen dari total populasi mempunyai kelemahan derajat intelektual. Sebagian besar dari mereka sangat lambat dan tidak modern. Mereka mempunyai kapasitas intelektual yang tidak membolehkan mereka menikmati televisi. Kelompok ini, terdapat dalam populasi sebayak kurang dari 3 persen, meski demikian kelompok ini berarti dalam jumlah total.
Suatu cakupan pelayanan dibutuhkan untuk kelompok kecil ini, meliputi pelayanan institusi bagi mereka yang tidak dapat tinggal di rumahnya sendiri. Salah satu cara perawatan pasien ini adalah dengan permintaan yang berkelanjutan untuk mengawasi pasien ini dengan menyediakan orang yang bisa merawat secara terus-menerus sehingga keluarga dan orang lain dapat beristirahat. Dengan cara ini, seseorang dengan kelumpuhan intelektual dapat bertahan di rumah mereka dalam jangka waktu yang panjang.

PELAYANAN ORANG SAKIT DAN KELUMPUHAN PADA ORANG TUA
Sasaran pelayanan ini adalah untuk membantu orang yang sakit dan orang tua untuk mencapai dan memelihara kekuatan fisik mereka secara maksimum dan potensi sosialnya. Peningkatan jumlah orang tua berkembang secara mutlak dan relatif dalam semua sosial ekonomi; Orang tua yang berumur 65 tahun atau lebih mencapai lebih dari 16 persen dari total populasi dalam United Kingdom dan negara Eropa lainnya. Dan mereka yang berusia 85 tahun atau lebih juga meningkat secara absolut dan relatif. Kecenderungan ini terutama sekali dalam negara-negara seperti Jepang, diamana umur panjang diakibatkan (tapi tidak semua) oleh diet yang sehat yang dilakukan oleh sebagian besar orang jepang.
Penetapan pelayanan kesehatan untuk orang sakit dan untuk orang tua sangatlah sulit karena mereka sering tidak mencari bantuan ketika gangguan tersebut terjadi. Mereka mungkin mempunyai beberapa kondisi yang berbeda-beda dalam waktu yang sama, sering memperlihatkan hal yang tidak biasa, dan sebagai hasilnya sering medis, emosional, dan kebutuhan sosial diantara kelompok yang sering tidak dijumpai dan tidak dikenali.
Orang tua yang berusia 65 tahun menduduki lebih dari sepertiga dari semua tempat di rumah sakit, mengkonsumsi sepertiga dari semua pengobatan yang ditentukan, dan bertanggungjawab untuk sebagian dari semua konsultasi pengobatan praktis.
Pencegahan dan Pelayanan kesehatan untuk orang tua
Masalah spesifik untuk orang tua adalah demintia dan osteoporosis.. Pada saat ini tidak diketahui strategi pencegahan demintia selain melalui pengurangan mikroinfark atau mikrostroke, yang merupakan bagian dari strategi pencegahan penyakit aterosklerosis.
Untuk osteoporosis, dengan latihan dan masukan kalsium yang cukup sebelum menopause merupakan suatu keuntungan bagi seorang wanita. Bagi wanita dalam postmenopause yang mempunyai resiko osteoporosis, melalui pengukuran dalam penelitian mengenai tulang, penggunaan hormon ekstrogen untuk wanita merupakan strategi yang efektif.

Pelayanan kesehatan orang sakit dan orang tua yang mengalami kelumpuhan
Pelayanan untuk orang sakit dan orang tua yang mengalami kelumpuhan meningkat dalam dakade terbaru disebagian besar negara berkembang. Yang mencakup pelayanan pribadi dan pelayanan publik secara umum dan pengobatan spesialis secara praktis, perawatandan perawatan rumah.
Kebutuhan pelayanan ini mempunyai mata rantai antara rumah sakit atau pelayanan institusional dan pelayanan komunitas. Ini mencakup penetapan pelayanan kordinasi dengan tanggungjawab dalam penilaian secara hati-hati terhadap semua orang yang lebih tua dengan resiko perorangan. Seperti penilaian geriatrik dan rehabilitasi. Pelayanan geriatrik yang baik dapat dilakukan melalui bentuk formal, untuk populasi yang relatif kecil dengan jumlah total 100.000 orang. Maksimum ukuran populasi sesuai ukuran untuk pelayanan tunggal kemungkinan sekitar 400.000 atau 500.000.

PELAYANAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN FARMASI
Suatu argumentasi yang baik bahwa ketersediaan produk obat modern merupakan faktor kunci dalam pengobatan modern. Bagaimanapun, adanya kombinasi antara transfusi darah dan pembedahan, obat psikofarmasikal dan yang lainnya telah mengubah banyak sistem pencegahan dan praktek penyembuhan medis.
Dengan mengabaikan sistem distribusi dalam pemberian pelayanan kesehatan, penting untuk diketahui peran yang sulit bermain dalam ekonomi pasar dalam perkembangan obat-obatan terbaru. Penisilin, terdiri atas campuran yang sangat berharga yang diperkenalkan untuk pengobatan . Hasil analis menunjukkan hanya sembilan campuran yang berhubungan dengan pengobatan berasal dari penelitian universitas dan institut penelitian; semua sisanya ditemukan dan dikembangkan dalam laboratorium industri dalam pasar ekonomi.
Sebagain besar negara sudah mempunyai sistem yang menyediakan tempat untuk pharmasikal, seperti toko kimia umum, dan sebagian besar terlihat dalam rumah sakit dan klinik. Baru-baru ini, pendapat pasien diperlukan dalam hal pembayaran, pasien harus membayar sebagian dari tunjangan pemerintah dalam hal farmasikal (obat-obatan); sebab, hampir tanpa perkecualian, pemerintah telah mengendalikan biaya obat yang besar karena biaya yang mereka perlukan untuk pengobatan sangat besar.

KESEHATAN GIGI
Sasaran dari beberapa pelayanan kesehatan gigi adalah menyediakan semua kemungkinan kualitas terbaik bagi anggota masyarakat dan mencakup pelayanan yang dianggap perlu, untuk mencegah dan mengobati penyakit gigi dalam ketersediaan tenaga kerja terlatih, pemahaman, sumber daya finansial, dan dengan penerimaan oleh masyarakat.
Kerurakan gigi telah menjadi faktor utama dalam kebanyakan masyarakat selama abad ini dan hampir bisa dipastikan berhubungan dengan konsumsi makanan yang mengandung gula dengan kadar tinggi.
Strategi pencegahan adalah dengan menggunakan flourida. Diperkenalkan macam-macam florida untuk komunitas mencakup penambahan florida pada air minum dan menggunakan florida tablet dan pasta gigi berflorida.
Pada gilirannya, penurunan tingkat kerusakan gigi telah menyebabkan memusatkan perhatia beralih pada masalah lain, seperti penyakit yang berkenaan dengan gusi yang membutuhkan perawatan ortodontik. Ini membutuhkan seorang dokter gigi dan pembantu dokter dalam mencegah penyakit ini.

SISTEM TRANSPORT KESEHATAN
Transport kesehatan dapat dibagi dalam dua kategori. Sistem pertama memberikan perawatan untuk luka dan orang yang sakit dalam keadaan darurat dan tersedianya fasilitas transport dalam 24 jam untuk orang yang sakit dan terkena luka; sebagai contoh, korban trauma pada departemen yang mengurus masalah kecelakaan atau departemen yang melayani gawat darurat. Ssitem yang kedua beroperasi untuk pelayanan kesehatan untuk konsumen dalam komunitas. Ini meliputi pelayanan perawatan rumah, pelayanan kesehatan anak dan pelayanan untuk orang yang lebih tua.
Termasuk dalam sistem pengangkutan kesehatan adalah mengantar pasien dari satu bagian pelayanan kesehatan ke bagian yang lainnya, seperti perpindahan pasien dalam rumah sakit. Sistem transpor kesehatan, apakah pribadi, publik atau campuran merupakan suatu kebutuhan dasar yang diharapkan bisa tersedia. Sebagian besar negara berkembang, membuat beberapa tipe tunjangan finansial publik. Sangat sering dengan sistem asuransi termasuk untuk biaya transport kesehatan.

KEDUDUKAN PELAYANAN KESEHATAN
Kedudukan pelayanan kesehatan seperti Cinderela karena bidangnya menerima perhatian yang kecil dari para ahli kesehatan dan masyarakat umum. Meskipun demikian, jabatan pelayanan kesehatan ini penting dalam pengaruh lingkungan kerja yang berkelanjutan dalam hubungannya dengan kesehatan dan produktivitas individu.
Organisasi pelayanan kesehatan harus secara alami bekerja dalam beberapa lokasi. Pelayan kesehatan pribadi dapat sebagai pengawai industri medik dan perawat yang bekerja dalam industri.
Untuk menjadi sukses, kedudukan pelayanan kesehatan harus melibatkan semua anggota tenaga kerja dengan beberapa resiko. Oleh karena itu, para pekerja industri seperti manajemen dan perserikatan harus mepunyai kerja sama untuk mengetahui masalah dan mencari solusinya.

PELAYANAN KESEHATAN PUBLIK–PENCEGAHAN DAN PROMOSI KESEHATAN
Pelayanan kesehatan publik digambarkan melalui pencegahan dan promosi pelayanan kesehatan sebagai perlindungan populasi dari penyakit dan luka. Untuk keamanan, mereka membagi dalam tiga area secara terpisah, yaitu:
1. Lingkungan pelayanan kesehatan
2. Pencarian pelayanan untuk mengontrol penyampaian penyakit
3. Promosi kesehatan dan mencari bentuk pelayanan yang terkait dengan bentuk kesehatan dengan prilaku pribadi, nutrisi dan hal-hal yang berkaitan lainnya.
Aktivitas pada setiap area membutuhkan dasar nasional, regional dan tingkat lokal. Yang perlu adalah mempunyai tenaga kapasitas epidemiologi dalam penyakit dengan kecenderungan pemeriksaan demografik, perubahan lingkungan dan perkembangan perilaku seseorang.

Pelayanan kesehatan lingkungan
Pelayanan kesehatan dirancang untuk melindungi individu dari lingkungan pisik dan tempat tradisional dalam pelayanan kesehatan modern manapun. Aktivitas pelayanan sangat luas. Meliputi pengawasan domestik (seperti memelihara binatang kesangan atau binatang lain), pembuangan sampah, dan memeriksa persediaan air dan susu, seeprti halnya pelayanan saluran pembuangan kotoran.
Area pemeriksaan meliputi: rumah, tempat cukur, restauran, pemeriksaan persediaan makanan, dan pemeriksaan kontrol hama; pemeriksaan fasilitas rekreasi seperti tempat berenang, area kamping, dan pemeriksaan radiasi dan bermacam-macam masalah lingkungan yang mengarah pada kesehatan individu.

Kontrol penyampaian penyakit
Sejak pertengahan tahun 1800an, pelayanan kesehatan mempunyai organisasi yang mengontrol infeksi dan pencegahan penyakit. Prinsip ini dikembangkan hampir 200 tahun yang lalu sampai hari ini. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan secara seksama peristiwa penyakit infeksi, sesuai dengan peristiwa geografik lokal. Penggunaan informasi modern sekarang ini digunakan dalam epidemiologi seperti pada penyakit legioner dan AIDS dtambah dengan kontrol tipoid, tuberkulosa dan kolera.

Promosi kesehatan
Suatu pencarian untuk mendorong terbentuknya prilaku yang sehat antar populasi dikenal sebagai promosi kesehatan. Masalah kesehatan secara luas berbeda-beda dan meliputi kegemukan, diabetes, penyakit atresklerotik vaskular, kanker paru-paru, AIDS, beberapa bentuk penyakit mental dan kanker kulit, sebagian besar dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup seseorang. Sebagai contoh, kontrol tembakau rokok membutuhkan kombinasi beberapa kelompok ahli profesional pada beberapa pemerintahan, non pemerintahan dan organisasi pribadi yang terkait dengan konsumsi tembakau; melakukan program pendidikan kesehatan untuk komunitas secara keseluruhan dan untuk kelompok khusus, seperti anak sekolah dan sanksi yang resmi tentang merokok di tempat publik seperti sekolah, toko dan sarana angkutan publik.
Terdapat perbedaan antara pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan. Pendidikan kesehatan merupakan tempat atau dasar kesehatan publik, tetapi perlu batasan dalam lingkup perbandingan dengan promosi eksehatan. Meskipun promosi kesehatan meliputi pendidikan kesehatan, tapi meluas di luar pendidikan ke arah aktivitas seperti mencari sanksi lokal, perpajakan, dan sebagainya.

Bagaimana mengatur ahli kesehatan?
Hampir semua negara, rumah sakit dan pelayanan kesehatan mempunyai masalah serius dengan industri sampai tahun 1960. Dalam dekade itu, pemogokan pertama dilakukan oleh dokter Saskatchewan di Kanada dan selama tahun 1980 dokter dan perawat melakukan pemogokan pertama kali dalam beberapa negara. Hal yang harus dipertimbangkan adalah perkembangan antara perawat kesehatan dan pemerintahan dan perbedaan antara kelompok perawat kesehatan. Untuk pertama kalinya perawat menghadapi dokter atas masalah yang terkait dengan peranan, gengsi dan masalah pembayaran. Pada waktu yang sama antar dokter, spesialis tertentu, memperlihatkan kekuasaan mereka atas pembayaran yang rendah dan menurunkan status rekan kerja, dan dokter umum.
Dalam mengatur ahli kesehatan, tidaklah mudah. Menggunakan kualitas sebagai tujuan dasar yang diarahkan untuk mendorong pemberian perawatan pasien. Meskipun kualitas program asuransi dapat terancam, mereka melibatkan pendekatan multidisiplin; para ahli kesehatan harus bekerjasama untuk mendapatkan pengetahuan satu sama lain. Sebagai tambahan, kesetiaan pada team menjadi penting seperti seperti setia terhadap kelompok profesional. Jika kualitas dihubungkan dengan kepentingan diri, kemungkinan bisa terjadi suatu kemajuan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: